Minggu, 28 November 2010

Perubahan Kebudayaan dari Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa yang Akan Datang

Perubahan kebudayaan bisa terjadi karena lingkungan, komposisi penduduk, teknologi, penemuan baru, inovasi, serta perkembangan zaman. Perkembangan zaman memperlihatkan perbedaan yang sangat kontras antara kebudayaan di masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.
Kebudayaan di masa lalu adalah kebudayaan yang masih bersifat primitif. Di masa lalu, tradisi sangat di pegang teguh oleh masyarakat Indonesia. Contohnya dari cara mereka berpakaian, melaksakan upacara adat dan keagamaan. Di masa lalu yang besekolah dan berhak menerima pendidikan adalah kaum lelaki dan para bangsawan serta keturunannya. Masyarakat di masa lalu juga kurang terbuka dengan hal-hal baru, mereka sulit untuk menerima perubahan, mereka tetap mempertahankan kebudayaan serta kebiasaan yang telah mendarah daging.
Sangat berbeda sekali dengan masyarakat masa kini, mereka sangat terbuka dengan hal-hal baru. Semakin majunya teknologi membuat masyarakat masa kini berpikiran lebih modern. Cara berpikir masyarakat masa kini lebih bebas dan melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka sehingga terkadang melanggar norma-norma serta aturan yang berlaku. Masa kini juga adalah zamannya emansipasi wanita. Bila dahulu wanita tidak bersekolah dan hanya menjadi ibu rumah tangga, di masa kini para wanita bersekolah dan kebanyakan dari mereka adalah wanita karir dan pekerja. Pendidikan, pekerjaan semua terbuka untuk semua orang yang menginginkannya.
Semakin berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu memungkinkan di masa yang akan datang manusia akan menjadi manusia yang lebih modern dan banyak menemukan hal-hal baru yang akan sangat berguna untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang. Dan juga kualitas sumber daya manusia akan menjadi lebih baik lagi untuk kepentingan kehidupan serta kualitas kehidupan yang lebih baik lagi dibandingkan dengan masa lalu.
Jadi, perubahan kebudayaan terjadi karena faktor internal dan eksternal dari manusia dan lingkungannya serta perkembangan zaman yang akan menentukan kehidupan manusia di masa yang akan datang.



1 komentar:

  1. http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/khasiat-lengkuas-untuk-keperkasaan.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/7-keunikan-tubuh-wanita-yang-tak.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/restoran-ini-sarankan-pengunjung-makan.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/kisah-sim-alam-gaib-yang-bikin-bingung.html


    joint us :
    * BBM: D1E0517C / 2B3F0E24
    * WHATSAPP:+6282143134682
    * LINE: PELANGIQQ
    * WECHAT: pelangiqq

    BalasHapus